Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Adobe Flashcs6 sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter di SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.587Keywords:
media, tematik terpadu, adobe flash cs6, pendidikan karaktekAbstract
Kemajuan teknologi telah melahirkan inovasi-inovasi pembelajaran, dengan adanya perkembangan perangkat lunak komputer berbagai versi serta di dukung dengan inovasi dari pendidik yang inovatif.. ketersediaan perangkat lunak tersebut dapat digunakan seorang pendidik untuk menggunakan media pembelajaran yang di senangi peserta didik. Media dapat memperlancar stimulus respon antar peserta didik dan guru sehingga konsep dan pesan yang di pelajari dapat tersampaikan dengan tepat. Masih banyak di temukan penggunaan media yang berupa menggunakan lembaran-lembaran kertas denga dengan ukuran yang kecil yang dianggap tidak efektif dan terlalu menoton sertaa siswa kesulitan dalam memahami pembelajaran, penelitian ini menganalisis, penggunaan Adobe Flash CS6 sebagai media pembelajaran yang dapat menanamkan nilai, yang menggunakan metode sistematic literature teview, sebagai wadah dalam menyampaikan pesan seperti Adobe Flash CS6. Memungkinkan pendidik melaksanakan pembelajaran dengan mngkresikan, animasi-animasi yang ada seperti potongan gambar, movie klip, atau penjelasa-penjelasan dengan tulisan sebagai penjelanya. Eksistensi media tidak hanya pada ranah nilai namun juga penanaman sikap, karena berdasarkan informasi yang di kutip UNICEF, rentang 2016 banyak ditemukan kasus kenakalan remaja hingga 50%, ini juga di dukung dengan perilaku negatif yang terjadi, maka perlunya penanaman karakter melalui media pembelajaran. Nur hadi wira utama pernah melakukan penelitian dengan dasar kearifan lokal, berbasis Adobe Flash CS6 menekankan pada bagaimana sikap yang perlu dimiliki terhadap kearifan suatu daerah.
References
Ampera, D. (2017). Adobe Flash Cs6-Based Interactive Multimedia Development For Clothing Pattern Making. 102(Ictvt), 314–318. Https://Doi.Org/10.2991/Ictvt-17.2017.54
Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2016). The Implementation Of Character Education Model Based On Empowerment Theatre For Primary School Students. Journal Of Education And Practice, 7(1), 26–29. Https://Files.Eric.Ed.Gov/Fulltext/Ej1089767.Pdf
Arlene Fink. (2020). Conducting Research Literature Review From The Internet To Paper. University Of California.
Astatin, G. R., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pada Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(2), 165. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V2i2.10966
Atiaturrahmaniah Dan Doni. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flashdengan Penerapan Teori Van Hiele. Pendidikan, 1(1).
Bumi, M. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif” . Aula Handayani Ikip Mataram 14 Oktober 2017. Issn 2598-1978. Cell.Com, 2, 28–36. Https://Doi.Org/S0962-8924(12)00067-0 [Pii]N10.1016/J.Tcb.2012.04.004
Ghazali, A. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31.
Hasan Rahmaibu, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn 1 Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Kreatif, September, 2.
Irwana, J. T., & Desyanri. (2019). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 222–232. Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Index
Jusita, M. L. (2016). Dalam Aktivitas Belajar Menggunakan Media Pembelajaran “ Pecango “. Pendidikan P Issn 2503-1201, 1, 2–6.
Karamete, A. (2017). European Journal Of Education Studies Interactive Story Development For The Unit Of Turks On The Silk Road In Social Sciences Course I. 677–690. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.1095145
Kesici, A. E., & Ceylan, V. K. (2020). Quality Of School Life In Turkey, Finland And South Korea. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 9(1), 100–108. Https://Doi.Org/10.11591/Ijere.V9i1.20522
Kim, K., & Harris, C. J. (2018). How Character Education Impacts Teachers. 3(1), 45–67. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.2525827
Lase, D. (2019). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Sundermann Jurnal Ilmiah Teologi Pendidikan Sains Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1), 28–43. Https://Doi.Org/10.36588/Sundermann.V1i1.18
Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (Ict) Di Sdn Rri Cisalak. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137–142. Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V3i2.3033
Mei, E. (2019). Jurnal Keguruan Sekolah Dasar. 1(21132).
Miaz, Y., Helsa, Y., Desyandri, & Febrianto, R. (2018). Cartography In Designing Digital Map Using Adobe Flash Cs6. Journal Of Physics: Conference Series, 1088. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1088/1/012069
Nurfadillah Salam, S. & J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. Al-Ahya, 01(01), 219–232.
Reinita, D. (2017). The Improvement Application Value Of Cultural Character Nation To Students In Civil Learning With Value Clarification Technique Approach List Model In Class Iv B Sdn 16 Tarok Dipo Bukittinggi. 118, 570–577. Https://Doi.Org/10.2991/Icset-17.2017.95
Wahono, R. S. (2015). A Systematic Literature Review Of Software Defect Prediction?: Research Trends , Datasets , Methods And Frameworks. 1(1).
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif Pada Pembelajaran Ipa Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. 2(4), 371–381.
Widiyastuti, N., Radia, E. H., Salatiga, J. D., & Tengah, J. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Universitas Kristen Satya Wacana Using Adobe Flash Software. 32(1), 79–86.
Yogyakarta, K. (2016). Character Education Of The Most Developed Countries In. 3(1), 32–37. Https://Doi.Org/10.20448/Journal.509/2016.3.1/509.1.32.37
Yuli, M., & Farida, N. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas Iv Sd Improved Thematically Integrated Learning Process With The Problem Based Learning Model In Grade Iv Sd. 8(C).
Yulianjani, A., Martono, A., & Apriyani, D. (2019). Aplikasi Media Interaktif Menggunakan Animasi Cerita Rakyat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Yayasan Bina Insan Kamil Kabupaten Tangerang). Icit Journal, 5(1), 77–93. Https://Doi.Org/10.33050/Icit.V5i1.105
Zainil, M., Helsa, Y., Zainil, Y., & Yanti, W. T. (2018). Mathematics Learning Through Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Approach And Adobe Flash Cs6. Journal Of Physics: Conference Series, 1088. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1088/1/012095
Zamaletdinova, G. R. (2018). Development Of Electronic Educational Resources For Studying Mathematics By Adobe Flash And Html5 Systems At Elementary Schools. The Journal Of Social Sciences Research, Spi 1, 171–174. Https://Doi.Org/10.32861/Jssr.Spi1.171.174
Nur Hadi Wara Utami (2018). Pengembangan Media Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal: Universitas Sunan Kali Jaga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Miranti Ersa Putri, Reinita Reinita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).