Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Main Article Content

Muthiara Firdaus
Elise Muryanti

Abstract

Zaman modern sekarang ini, kemampuan berbahasa Inggris mesti dimiliki oleh setiap orang. Oleh karenanya, bahasa Inggris mesti diperkenalkan sejak usia dini. salah satunya yang bisa dilakukan guna mengembangkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini adalah melalui games edukasi bahasa Inggris. Games edukasi bahasa Inggris yang diciptakan untuk mengembangkan kosakata bahasa Inggris pada anak mesti memperhatikan kekhasan, perkembangan bahasa, dan teori pemerolehan bahasa anak usia dini. Metode penelitian ini ialah metode kualitatif studi literatur. Sumber data penelitian mengunakan artikel ilmiah, buku, dan sumber ilmiah lainnya. Teknik pengumpulan data mengunakan editing, mengelompokkan data-data atau sumber yang telah didapatkan sesuai dengan hal yang dibahas dalam membuat studi literatur, kemudian barulah ditemukan hasil penelitian berupa analisa terhadap masalah atau fenomena yang dibahas. Analis data menggunakan analisis konten.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Firdaus, M. ., & Muryanti , E. . (2020). Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216-1227. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.588
Section
Articles

References

Alfiana, et, al. (2020). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Repository Unja.

AlNatour Amal Shehadeh. & Hijazi,Dima.(2018). The Impact of Using Electronic Games on Teaching English Vocabulary for Kindergarten Students . US-China Foreign Language. 16(4). 193-205.

AlShaiji, O. A. (2015). Video Games Promote Saudi Children's English Vocabulary Retention. Education, 136(2), 123-132.

Amimi, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat Anak Usia Dini: Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Modul Perkuliahan Universitas Terbuka, 1–43.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, J, M. (2009). Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini: Memahami Sistem Kelembagaan, Metode Pengajaran, Kurikulum, Keterampilan, dan Pelatihan-pelatihannya. Yogyakarta: Diva.

Asmin, A, L. (2013). Pengenalan dan Peningkatan Minat Anak Usia Dini untuk Mempelajari Bahasa Inggris. In Proceeding Seminar Nasional, 2, 191–197.

Azizah, Butar, & Wahyuni. (2018). Animasi Interaktif Pengenalan Dasar Bahasa Inggris pada TK An-Nurdin Depok. Innovative Creative and Information, 4(1), 29–40.

Bakhsh, Sahar Ameer.(2016). Using Games as a Tool in Teaching Vocabulary to Young Learners. Canadian Center of Science and Education. 9(7),120-128.

Baron, R., & Donn, B. (2004). Psikologi Sosial. Translate by Ratna Djuwita. Jakarta: Erlangga.

Derakhsan, A., & Khatir, E, D. (2015). The Effects of Using Games on English Vocabulary Learning. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 2(3), 39–47.

Dewi, Y, A. (2017). Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis/suku Orangtua terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Raudlatul Athfal Kabupaten Pasuruan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1), 99–114.

Fadillah. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Filasofia. (2017). Analisis Semiotika Pendidikan Moral Anak Usia Dini dalam Kitab Tarbiyat Al-Aulad Fi Al-Islam. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 111–126.

Fitrah. (2018). Metode Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus. Jurbal Penjaminan Mutu, 4(1), 76–86.

Fitri., & Saparahayuningsih. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 1–13.

Fromkin, V., Rodman, R., Hyams . (1990). An Introduction to Language. New York: Avon Books.

Hasbullah, et, al. (2019). Improving Vocabulary Using a Computer-based Flashcard Program. Inform Journal, 3(2), 132–140.

Hurlock, E, B. (1980). Psikologi Perkembangan: Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidiyanti. Jakarta: Erlangga.

Julianti, Natosha, & Dewi. (2018). Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah di Taman Kanak-kanak Kelurahan Indralaya Raya. Jurnal Keperawatan Pangkal Pinang, 1(1), 54–59.

Karimah, & Komalasari. (2019). Literasi Pemerolehan Bahasa Kedua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di TK ABA 45 Lamongan). PAUD Teratai, 8(1).

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.

Krisnawan, G. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris untuk Anak Berbasis Android. Proceeding Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I).

Liu, S., & Jin, J, X. (2015). The Application of Games in English Vocabulary Teaching in Kindergartens. Sino-US English Teaching, 12(8), 561–567.

Maili. (2018). Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa dipersoalkan. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28.

Mardliyah, Andriyati, & Rozi. (2019). Karakter Anak Muslim Moderat: Deskripsi, Ciri-ciri dan Pengembangan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 8(2), 231–246.

Maulidya, U. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Michael, & Gullo. (2017). The Changing Landscape of Early Childhood Education: Implication for Policy and Practice. Early Childhood Education Journal, 46(3), 294–264.

Montessori, M. (1991). The Advanced Montessori Method. Volume 1. Amsterdam: Montessori-Pierson.

Moss. (2017). Power and Resistance in Early Childhood Education: From Dominant Discourse to Democratic Experimentalism. Journal of Pedagogy, 8(1), 11–32.

Mulyanti, S. (2013). Perkembangan Psikologi Anak. Yogyakarta: Laras Media Rima.

Mustafa, A, S. (2007). 30 Strategi Mendidik Anak. Jakarta: Maghfiroh Pustaka.

Na’imah., Widyasari., & Herdian. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747–756.

Nalwan. (2014). No Title Pemrograman Animasi dan Game Profesional 3. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nurani, Y. (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Nurhadi. (2012). Teaching English To Young Learners: Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jombang. Jombang: Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

Pratiwi. (2019). Pembelajaran Calistung bagi Anak Usia Dini antara Manfaat Akademik dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. Seminar Pendidikan Nasional 2015, 278–283.

Pusari. (2016). Analisis Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Menciptakan Pembelajaran Bahasa di TK Tunas Rimba II Kota Semarang. Malih Peddas: Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1).

Rahman., & Tresnawati. (2016). Pengembangan Games Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Games, 13(1), 184–189.

Rahmawati. (2012). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Kartu Pesan Berantai di PAUD Melati Kota Padang. Jurnal Spektrum PLS, 1(1), 75–87.

Rahmawati, Nugraheni, & Rahmadi. (2016). Pengaruh Stimulasi Media Interaktif terhadap Perkembangan Bahasa Anak 2-3 Tahun. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 5, 1873–1885.

Rakimahwati. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Kecamatan V Koto Kabupaten Padang Pariaman. Early Chilhood: Jurnal Pendidikan, 2(2), 1–11.

Rebecca. (2019). Education in the App Store: Using a Mobile Game to Support U.S. Preschoolers’ Vocabulary Learning. Journal of Children and Media, 13(4), 452–471.

Ridwan., & Prasetyawan, P. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Permainan Adventure of Funimal untuk Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Android. Jurnal Teknik Mesin, Elektro, dan Ilmu Komputer. 8(2). 756-772.

Robbani. (2016). Games Edukasi Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Android. Prosiding SNST Ke-7 2016.

Safitri. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148–155.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saurina. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Iptek, 20(1), 95–108.

Segers, E., & Verhoeven, L. (2003). Effects of Vocabulary Training by Computer in Kindergarten. Journal of Computer Assisted Learning, 19(4), 557-566.

Suardi., Syahrul., & Asri. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265–273.

Sugiharto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press.

Utomo, Robbani & Nurmasitah. (2017). The development of an Android-based English Vocabulary Introduction Education Game for Early Childhood. Taylor & Francis Group, 149-152.

Warin., & Andriani. (2015). Gender Flexible Pedagogy in Early Childhood Education. Journal of Gender Studies, 1–12.

Wiyani., & Barnawi. (2012). Format PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yulianti. (2008). Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Aksara.

Yulsyofriend,. Anggraini., & Yeni. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–40.