Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang

Main Article Content

Ade Ratna Sari Hutasuhut
Yaswinda Yaswinda

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa fakta mengenai proses kemerosotannya perilaku sosial anak di zaman sekarang. Perilaku sosial yang dimaksud adalah sikap empati anak. Kurangnya kemampuan anak dalam berempati yang dimaksud seperti kurang sikap tolong menolong, berbagi dan saling memaafkan diantara teman. Film Nussa dan Rara merupakan salah satu metode yang digunakan dalam proes pembelajaran untuk memberi stimulasi positif yang sesuai dengan aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh film nussa dan rara terhadap empati anak. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Dalam teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan  data sekunder yang diperoleh dengan menganilisis berbagai jurnal-jurnal dan artikel ilmiah yang terkait dengan permasalahan dan judul penelitian. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan oleh penelitian ini, selanjutnya peneliti akan mengalisis data dengan permasalahan. Dari hasil analisis sudah ditemukan bahwa film Nussa dan Rara memiliki pengaruh terhadap empati anak usia dini. Film Nussa dan Rara dapat membantu anak untuk memahami cerita yang disampaikan karena penyampaian cerita dalam film ini sederhana dan manarik perhatian anak sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan pesan moral dalam film tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa film Nussa dan Rara berpengaruh terhadap empati anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hutasuhut, A. R. S. ., & Yaswinda, Y. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237-1246. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.590
Section
Articles

References

Asih, Gusti Y. Pratiwi, Margareha. 2010. Perilaku Prososial Ditinjau Dari Empati Dan Kematangan Emosi. Vol.1, No.1. Jurnal Psikologi Universitas Maria Kudus.

Alfian, M. Haq, A. Nasrulah, E. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro Episode 11-20. Vol.5, No.2. Victrina: Jurnal Pendidikan Islam

Demillah, Airani. 2019. Peran Film Animasi Nussa dan Rara Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD. Vol.3,No.2. Jurnal Interaksi.

Fardani, Diah Novita. Lismanda, Yorita Febri. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini dalam Film Nussa. Vol.1 No.2. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Iis, Nanik. Pengembangan Empati Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pariaman. Vol.1, No.1. Pesona Paud. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/29093/12940

Kau, Murhima A. 2010. Empati Dan Perilaku Sosial Pada Anak. Vol.7, No.3. Jurnal Inovasi.

Kristanto, Wisnu. 2018. Pengembangan Film Pendek Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini (Penelitian Dan Pengembangan Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Wildani Surabaya). Vol. 12 (1). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Limarga, Debora Meiliana. 2017. Penerapan Metode Bercerita dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Vol.3 No.1. Tunas Siliwangi. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/download/320/241

Mardliyah, S. Yulianingsih, W. Putri, L. Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Vol.5, Issue 1(2021). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Mashar, Riana. 2013. Empati sebagai Dasar Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Vol.2, Edisi.2. Jurnal Pendidikan Anak.

Mulyasa,H.E. (2012). Manajemen Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Dadan. Apriliya, Seni. Veronica, R.K. 2017. Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Vol.1, No1. Jurnal PAUD Agapedia.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Nur, L. Halimah, M. Nurzaman, I. Permainan Tradisional Kaulinan Barudak Untuk Mengembangkan Sikap Empati Dan Pola Gerak Dasar Anak Usia Dini. Vol.1, No.2. Jurnal PAUD Agapedia.

Nurwita, Syisva. 2019. Analisis Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Vol.3 (2). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Nuraini, Cut. 2019. Kedidaktisan Di Dalam Genre Fiksi Anak “Film Realistik” (Film Pendek Nusaa Dan Rara). Vol.5, No.2. Riksa Bahasa.

Novianti, Beatriks. Kiling, Yohanes. 2016. Meningkatkan Empati Menggunakan Media Bercerita dengan Boneka Tangan pada Anak Usia Dini Di Rumah Belajar Lentera. Vol.5 No.2. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA.

Pratama, Wahyu. Simaremare, Aman. 2016. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pengembangan Sikap Empati Anak Usia 5-6 Tahun di TK/RA Binmudora Tanjung Morawa T.A 2015/2016. Vol.2 No.2. Bunga Rampai Usia Emas.

Rahmawati, Anayanti. 2014. Metode Bermain Peran Dan Alat Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Vol.3 (1). Jurnal Pendidikan Anak.

Rahmawati, Ima Siti. 2018. Film Nussa dan Rara Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Vol.1 No.2. Jurnal METABAHASA.

Sayekti, Octavian Muning. 2019. Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” Sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Vol.8 No.2. Jurnal Pendidikan Anak. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/29093/12940

Solekhah, Anna M. Atikah, Tera P. 2018. Istiqomah, Mufidah. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Empati Terhadap Perilaku Proposal Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional.

Susanti, Tri. 2017. Bimbingan Klasikal dengan Teknik Simbolik Model Sebagai Alternatif Solusi untuk Meningkatkan Empati pada Anak Usia Dini. Vol.1 No.1. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: bumi aksara.

Surayana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik Pembelajaran). Padang : UNP Press.

Sudarna. 2014. PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta. Genius Publiser.

Suyadi. Ulfah, Maulidya. 2017. Konsep dasar PAUD. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Taufik. 2012. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianton, Teguh. (2013). Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusniasti, T. Rasyid, M. Afrianti, N. 2017. Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Taman Ceria Bandung. Prosiding Pendidikan Guru Paud. Vol.1, No.1.

Wahono. Sa’ada, N. Kurniawati, T. 2017. Pembelajaran Interaktif Media Film Pendek. Vol.3, No.3. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Wati, N. Suwatra, W. Tirtayani, L. Penerapan Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Empati Anak Kelompok B1. Vol.4, No.2. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha.

Widiyatmaka, W. Sulistyo, E. Nugroho, S. 2019. Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Sang Kiai. Vol.34, No.1. MUDRA Jurnal Seni Budaya.

Zed, Mestika.(2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia