Efektivitas Permainan Bingo dalam Menstimulasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak

Main Article Content

Mella Mimi Safitri
Serli Marlina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis efektivitas permainan bingo dalam menstimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Berdasarkan fenomena yang ditemukan di lapangan bahwa pada rentang usia 5-6 tahun masih kurang dalam memahami konsep bilangan itu sendiri. Hal itu terjadi saat proses belajar sambil bermain yang diterapkan didalam kelas. Fenomena yang terjadi membuat anak terlihat sangat kesulitan dalam menyelesaikan suatu kegiatan yang berhubungan dengan bilangan. Pengenalan konsep bilangan merupakan bagian dari kognitif yang sangat penting untuk perkembangan intelegensi anak. Anak yang cerdas dalam bidang tersebut, merupakan aset utama yang dapat mengembangkan banyak hal dalam hidupnya, salah satu adalah pemecahan masalah. Pengenalan konsep bilangan yang diberikan kepada anak tidak dapat dilakukan secara abstrak dan terpaksa, oleh karena itu dilakukan dengan permainan. Permainan bingo merupakan sebuah kata yang diteriaki saat permainan selesai tahap demi tahap. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode studi literatur. Teknik pengumpulan data berupa sumber primer dengan menelaah buku referensi dan jurnal ilmiah yang relevan. Hasil penelitian adalah permainan bingo efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak, menciptakan suasana pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan, mendorong aktif dan berpikir serta menstimulasi berbagai aspek secara terintegrasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Safitri, M. M. ., & Marlina, S. . (2020). Efektivitas Permainan Bingo dalam Menstimulasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1361-1373. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.602
Section
Articles

References

Argianti, D. Lutfi, A & Astriani, D. 2016. Pengemabangan Permainan Tutasting (batu, kertas, gunting) Sebagai Media Pembelajaran Materi Bahan Makanan untuk Melatih keterampilan Komunikasi. Pensa E-Jurnal:Pendidikan Sains.

Ashara, A. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan 10270114 melalui bermain bingo pada kelompok A di RA Perwanida 1 Tegaldlimo. Universitas Muhammadiyah jember.

Astini, B. N., Nurhasanah, Rachmayani, I. 2017. Identifikasi pemanfaatan alat permainan edukatif dalam mengembangkan motoric halus Anak usia dini. Universitas Mataram. 6 edisi-1.

Ayu, Diah. Rodiana, Laily & Rudi, Aris. 2019. Validasi Pengembangan Permainan Bingo untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Pesa E-Jurnal: Pendidikan Sains VOL 7 No 3.

Baisheva, M.I., Golikov, A.I, dkk. 2017. The potential of Folk Tabletop Games in the Development of the intelligence and Creativity of Children. Journal of Social Studies Education Research, 8(3)

Barwood, D., Smith, S., Miller, M., Boston, J., Masek, M., & Devine, A. (2020). Transformational Game Trial in Nutrition Education. Australian Journal of Teacher Education, 45(4).

Blumberg, F. C., Calvert, S. L., Deckard, K. D. 2019. Social Policy Report: Digital game as a context for children cognitive Development: Research Recommendations and policy Considerations. Fordhan University, 32(1)

Bridgman, A. 2019. Understanding and Addressing the Effect of Digital Game on Cognitive Development in Middle Childhood. Society for Research in Chiki Development, 32(1).

Christianna, A. 2013. Pelatihan Perancangan Alat Permainan Edukatis Berbasis Bahan Bekas untuk Pendidikan Anak Usia Dini se-siwalankerto Surabaya. Journal of service Learning, 1(1).

Erihadiana, Mohammd. Wulan, Lismawati. 2017. Penerapan Model Quickon The Draw dengan Menggunakan Media Permainan Bingo untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. VOL 2 No 1

Fad, Aisyah. Permainan Anak Tradisional Indonesia. 2014. Niaga Swadaya: Jakarta

Fadlillah, M. 2016. Penanaman Nilai-nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-permainan Edukatif. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Fithri, D. L., Setiawan, D. A. 2017. Analisis dan Perancangan Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Simetris, 8(1)

Gee, E., Tran, K. M., Parekh, P. Designing Analog Games That Engage Girl With Computer Science Concepts. 2020. International Journal of Designs for Learning, 11-issue 2.

Ghapanchi, A. H., Purarjomaldlangrudi, A. 2013. Applications of Educational Serious Games for information Technology Related Subject in Higher Education. The International technology Management Review, 3 (3)

Ginnis, Paul. 2008. Trikdan Taktik Mengajar Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas, terj. Wasi Dewanto. Jakarta: Indeks.

Haryono, Didi. 2014.Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta

Hassan, M.N., Abdullah, A.H., Ismail. N. Mathematics Curiculum Framework for Early Childhood Education Based on Science, Technology, Engineering and Mathematics. Internasional Electronic Journal, 14(1).

Heleni, Filtri. 2018. Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di PAUD Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. VOL 1 No 2

Ihwanul, muslim . Mirwa, surya. 2017. Glass Ceiling sebuah Studi Literasi. VOL 26 NO 1 28-38

Kadir, A., Adebayo, T. 2019. Digitization in education Sytem and Management of Early Childhood Care Education In Nigeria. University of Ilorin, Nigeria, 8(2).

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Khobir, A. 2009.Upaya mendidik anak melalui permainan edukatif. Forum Tarbiyah, 7 (2).

Lisnawati, Yesi. 2015. Konsep Khalifah dalam Alquran dan Implikasinya terhadap Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Diterbitkan Universitas Pendidikan Indonesia.

Macdonald, A,. 2019. What is Mathematics Education for Children under Three? A snapshot of Findings From a National Survey. Charles Sturt University.

Manuel, J. Munoz., Rubio, S.G. 2015. Strategis of Collaborative work in the Classroom Through the Design of video Games. University of Cordoba, (27)

Mawaddah, F. U., Jatmikowati, T. E., Misyana. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalu Permainan Bingo Pada Anak Kelompok B2 TK Al-Kautsar Balung. Universitas Muhammadiyah Jember.

Ningsih, Tutuk. 2018. Pengembangan alat permainan alat Edukatif : Istana Agency.

Novitasari, D.N. 2019. Pengaruh Permainan Bingo Kata Terhadap Kemampuan Membaca Anak usia 5-6 tahun Kelompok B RA Alqur’an Kota Padang Sidimpuan. Jurnal Usia Dini, 5 (1)

Nursanti, A.N., Sujana, Y., Syamsuddin, M. M. 2019. Meningkatkan kemampuan Lambang Bilangan Huruf melalui Lecture Bingo Games Pada anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum Mojosongo. Jurnal Kumara Cendekia, 7 (1)

Puji, Rahayu. 2015. Implementasi dan Pengembangan Model Permainan Funtastic “Ganbatte dan Bingo Matematik” untuk Meningkatkan Keterampilan operasi Hitung. VOL 15 No 2

Puspitasari, c., Subiyanto. 2017. A new Tool to Facilitate Learning Reading For Early Childhood. Malaysia Online Journal of Education Technology, volume 5-isssue 3

Putra, D. W., Nugroho, A. P., Puspitarini, E. W. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Jurnal informatika Merdeka Pasuruan, 1(1)

Prayitno. 2017. Permainan Matematika Suatu Daya Tarik Bagi Peserta Didik. VOL 5 No 1 101-111

Priatna, Nanang&yuliardi, Ricki. 2019. Pembelajaran matematika untuk Guru SD dan Calon Guru SD. Bandung: PT RemajaRosdakarya

Rahman, Taopik.2017. Peningkatan kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Flascard. VOL 1 No 1 118-128

Rahmawati, A. 2014. Metode Bermain Peran dan alat permainan edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3-edisi 1

Sardiman. 2010. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sari, D. A., Rosdiana, L., Purnomo, A. R. 2019. Validitas Pengembangan Permainan Bingo untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Pensa E-junal, 7 (3)

Setyawan, H,. 2018. Metode Permainan Bingo Matematik pada Materi Operasi Hitung Terhadap Hasil Belajar. VOL 6 No 2 101-110

Silalahi, P. 2018. Design and Development Blended Learning Approach for Student Low Achievement in Mathematics. Atlantis Press, 298

Silberman, Melvin. 2018. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: NuansaCendikia.

Sirait, D., Handayani, A.T. 2019. Penerapan Permainan Bingo Mini dalam Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak TK Setiabudi Abadi Perbaungan. Prosiding Seminar Nasional

Solfema, Wahid, S., Pamungkas, A. H. 2018. Alat Permainan Edukatif Berbasis Bahan Lingkungan Dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Kolokium Jurnal pendidikan luar sekolah, 6(2)

Sudrajat, Hana Nurwahidah. 2015. Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo. Jurnal ilmiah VISI PPTK PAUDNI. VOL 10 NO 2: UniversitasNegeri Jakarta.

Suripatty, P.J.P., Nadiroh, Nurani, Y. 2020. Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo. Jurnal Obsesi: jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 issue-1

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: BumiAksara

Tian, Oktaviani. Endah & Kiswoyo. 2019. Penerapan Pembelajaran Aktif dengan Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. VOL 24 No 1

Tuttle, Cheryl Gerson. 2013. Thinking game for kids “game kreatif Untuk Anak. Yogyakarta: ANDI

Ukala, C.C., Agabi, O.G. 2017. Linking early childhood education with Indigenous Education Using Gamification: The case of maintaining Cultural Value and Idenntity. University of port Harcourt, Nigeria. 13(1).

Watanabe, Nobuki. Effective Simple Mathematics Play at Home in Early Childhood: Promoting Both Non-Cognitive and cognitive skill in early Childhood. School of education, Kwansei Gakuin University, JAPAN, 14(2).

Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Zhang, Z. Yifang, Z., Danziger, W. 2020. Individual Heterogeneous Learning with global Centrality in Prisoner Dilemma Evalutionary Game on Complex Network. International journal of computational intelligence system, 13(1)