Pengembangan Media e-Ma Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Jaring-jaring Bangun Ruang Kelas 5 SD

Main Article Content

Renita Eka Murti
Yohana Setiawan

Abstract

Penelitian ini merupakah hasil dari empat tahap pertama RnD yang dikembangkan dari kerangka RnD Borg and Gall dan pengembangan produk dengan ADDIE. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat validitas produk yang dikembangkan. Teknik penelitian menggunakan kuesioner berdasakan skala Likert dan validasi ahli dalam masing-masing bidang sedangkan instrumen yang digunakan adalah instrumen keterampilan berpikir kreatif menurut Moma untuk mengetahui atau mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa saat menggunakan produk e-Ma. Hasil dari penelitian pengembangan produk ini memiliki tingkat validitas yang baik, berdasarkan validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 83.36% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli matematika SD memperoleh presentase sebesar 75% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi dari pendidik memperoleh presentase sebesar 85.90% dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukan jika pengembangan produk e-Ma sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada materi jaring-jaring bangun ruang serta mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Murti, R. E., & Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Media e-Ma Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Jaring-jaring Bangun Ruang Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1500-1510. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.613
Section
Articles

References

Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran ITQAN. Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 149-150.

Bintoro, H. S. (2015). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta, 74.

Giarti, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle Wonosobo. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15.

Haky, M. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. Educatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 28.

Haryanto, T. S. (2015). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif Di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Pendidikan Jasmani, 124.

Hera, R. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Di Universitas Muhamadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 225.

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 29-30.

Muhson, A. (2010). Pengembangab Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Auntansi Indonesia, 3.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematic Education : Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 73-74.

Novita, L. F. (2020). Pengmebangan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 718.

Pranatawijaya, V. H. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert Dan Guttman. Jurnal Sains dan Informatika, 132.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 146.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarimi - Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2.

Rudyanto, H. E. (2014). Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintfik Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kreatif. Premier Education : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 42.

Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. PYTHAGORAS - Jurnal Pendidikan Matematika, 14.

Supardi. (2012). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 257.

Wanelly, W. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Bepikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 524.

Wardhani, D. K. (2017). Peran Guru Dalam menerapkan pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 154.

Widodo, B. J. (2020). Pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa Untuk Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 23.

Wijayanti, P. S. (2018). Identifikasi Aspek Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Soal Matematika Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV Tema 9. Jurnal Math Edukator Nusantara, 96.