Pembelajaran Daring Menggunakan Video Animasi Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Seberida

Main Article Content

Masdafni Masdafni

Abstract

Hasil belajar merupakan prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Berdasarkan observasi, hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Seberida selama masa pandemi Covid 19 ini kurang dari 50% belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal pada pebelajaran Matematika disebabkan kurang tepatnya memilih media pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Dari sini timbullah pemikiran penulis untuk melakukan upaya agar terciptanya proses pembelajaran yang lebih baik, dengan menggunakan media video yang linknya dikirim melalui whassapp group siswa yang dapat menggantikan peran guru dalam melakukan pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 83%, dan mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu 90%. (2) aktifitas siswa pada siklus 1 yaitu 78%, pada siklus 2 meningkat yaitu 86% (3) Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 77%, dan meningkat pada siklus 2 sebesar 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Masdafni, M. (2020). Pembelajaran Daring Menggunakan Video Animasi Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Seberida. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1752–1763. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/644
Section
Articles of Research

References

Abdur Rahman As’ari, 2017. Matematika buku siswa kelas VII SMP/MTs /. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud no 37 tahun 2018

Roestiyah N.K, 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Bina Aksara, Cet III.

Suharsimi Arikunto, 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Bumi Aksara, Jakarta.

Winarno Surakhmad, 1994. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar (Dasar & Teknik Metodologi Pengajaran), Tarsito Bandung.

Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pengajaran. PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia