Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru

Main Article Content

Rusmida Sianturi
Bukman Lian
Artanti Puspitasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru dalam menjalankan tugasnya yaitu melalui program in service training. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam mengembangan kompetendi profesional adalah guru ditugaskan untuk mengikuti pendidikan & latihan, baik yg dilakukan lembaga sekolah itu sendiri maupun oleh lembaga pendidikan lain. Kemudian guru diminta melatih dan mengembangkan dirinya yang berhubungan dengan pekerjaan atau jabatannya seperti kedisiplinan, diskusi dan memberi motivasi. Selain itu kepala sekolah juga melengkapi sarana prasarana sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sianturi, R. ., Lian, B. ., & Puspitasari, A. . (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1836-1839. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/654
Section
Articles

References

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.

Kunandar. (2008). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Nawami, H. (2005). Penelitian Terapan. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.

Sardiman. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardi. (2005). Metodelogi Penelitian Pendiikan, Kompentensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.

Yuliandri, J., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.