Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Kelas IV SD

Main Article Content

Maya Sari Umroh
Harni Harni

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan dilapangan yang menunjukan rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran tematik terpadu.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif tipe Make A Match di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B sebanyak 8 orang SDN 64/VII Sukasari II. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa a) RPP menunjukkan hasil peningkatan pada pengamatan RPP siklus I adalah 80,55%, pada siklus II menjadi 91,66%. b) nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 84,71%, pada siklus II 97,22%. c) nilai rata-rata aspek siswa pada siklus I 80,55%, pada siklus II 94,44%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 77,06% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,54%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Umroh, M. S. ., & Harni, H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2108-2117. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/687
Section
Articles
Author Biography

Maya Sari Umroh, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang

Penulis bernama lengkap Maya Sari Umroh lahir di Sarolangun, 11 Mei 1998. Sekarang aktif sebagai mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNP Padang. Penulis adalah anak ke pertama dari tiga bersaudara. Pendidikan penulis dimulai dari Taman Kanak-kanak Dharmawanita, Sekolah Dasar di SDN 03 Sarolangun. Setelah itu melanjutkan pendidikan sekolah menengah di MTsN Sarolangun dan melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Sarolangun, kemudian penulis melanjukan studi ke perguruan tinggi Universitas Negeri Padang tahun 2016 dan sampai sekarang aktif menjadi mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNP padang

References

Aulia, N. R., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Panteru ( Papan Tempel Seru ) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 1. 3(3), 293–300.

Aulia, S. D. & wahyudi. (2019). Penerapan model make a match berbasis saintifik untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa. 2(1), 139–152.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ). Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah. (2014). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara