Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Everyone IsTeacher Here dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 23 Koto Tengah Kabupaten Agam

Main Article Content

Fatmayuni Fatmayuni
Farida S

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meggambarkan peningkantan hasil belajar siswa menggunakan model Everyone Is Teacher Here dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 23 Koto Tangah, Kabupaten Agam. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus satu terdiri dari dua pertemuan dan siklus dua terdiri dari satu pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 4 sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan siswa kelas IV SD Negeri 23 Koto Tangah, Kabupaten Agam yangberjumlah 20 orang. Hasil penelitian membuktikan kenaikan yaitu : a) RPP siklus I  83,33% (baik) dan siklus II 97,22% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I 85% (baik) dan siklus II 92,5% (sangat baik), sedangkan aktivitas siswa pada pelaksanaan siklus I 86,25% (baik), dan siklus II 92,5% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 78,36 serta persentase 65% dan siklus II dengan rata-rata 93,75 serta persentase 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fatmayuni, F., & S, F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Everyone IsTeacher Here dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 23 Koto Tengah Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2173–2180. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/695
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryaningrum, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di Kelas VIII Smp Negeri 1 Belitang III Oku Timur. e-Jurnal Ilmiah CIVIS, Vol.5 No. 2, 799.

Habibati, P. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Koloid Siswa Kelas XI IA di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) Vol.2 No.1, 66.

Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Volume 8, Nomor 5, 2020 Available on: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd

Hamzah. 2011. Menjadi Peneliti PTK YANG Profesional. Jakarta: Bumi Aksara

Hisyam, Z. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta: Insan Mandiri

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yusnita, L. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKn Dengan Model Everyone Is Teacher Here di Kelas V SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD Vol.6 No.2, 6.