Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Numbered Head Together pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Main Article Content

Melia Indra Sari
Zainal Abidin

Abstract

Pada dasarnya tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe NHT  di kelas IV SDN 03 Taeh Bukik. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  yang menggunakan  pendekatan  kualitatif  dan  kuantitatif.  Dilaksanakan  dalam  dua siklus,  yaitu  siklus  I  terdiri  dari  2  pertemuan,  dan  siklus  II  terdiri  dari  1 pertemuan. Subjek penelitian  ini  adalah guru dan siswa kelas IV SDN 03 Taeh Bukik Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) perencanaan siklus I pertemuan I memperoleh rata-rata nilai 66,66% dengan kualifikasi cukup dan pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 75,00% (C) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 83,33% (B), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru dan aspek siswa siklus I pertemuan I memperoleh nilai 69,44% (C) dan pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 77,77% B) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata niai 83,33% (B). c) hasil belajar siswa pada siklus I Pertemuan I memperoleh rata-rata nilai 70,38% (C) dan pertemuan II dengan nilai rata-rata 79,45% (B), dan kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 85,21% (B).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, M. I. ., & Abidin, Z. . (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Numbered Head Together pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2056–2213. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/698
Section
Articles

References

Ahmadi. (2014). Pengembagang Bahan Ajar dan Model Pembelajaran Tematik Integraf. Jakarta:PT. Prestasi Pustakaraya

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsini, Ni Nengah dkk. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. E- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganasha Vol : 3 No. 1 Tahun 2015.

Fathurrohman Muhammad. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif pembelajaran di Era Global. Yogyakarta. Kalimedia.

Fathurrohman Muhammad. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Purwanto,Ngalimun. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.