Pengaruh Penggunaan Media Sparkol Videoscribe terhadap Komunikasi Matematis Materi Faktor Dan Kelipatan Bilangan Kelas IV SDN 04 Pasar Surantih

Main Article Content

Mutia Rahayu
Masniladevi Masniladevi

Abstract

Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Sparkol Videoscribe terhadap komunikasi matematis siswa.  Penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Pasar Surantih. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan menggunakan Non-equevalent Posttest only Control Group Design.Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Terpilih dua kelas sampel yang masing-masing akan dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran yang dibandingkan adalah pembelajaran dengan menggunakan media Sparkol Videoscribe dengan pembelajaran menggunakan media yang ada di buku saja. Teknik pengumpulan data adalah dengan instrumen tes. Instrumen yang digunakan adalah tes komunikasi matematis pada materi pembelajaran faktor dan kelipatan bilangan. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan uji-t. Didapatkan hasil t hitung= 3,25 dan t tabel = 1,692. Sehingga t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media sparkol videoscribe terhadap komunikasi matematis siswa di kelas IV SDN 04 Pasar Surantih.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahayu, M. ., & Masniladevi, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sparkol Videoscribe terhadap Komunikasi Matematis Materi Faktor Dan Kelipatan Bilangan Kelas IV SDN 04 Pasar Surantih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2239–2249. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/702
Section
Articles

References

Febliza, Asyti & Afdal Zul. 2015. Media pembelajaran dan teknologi informasi dan komunikasi. Pekanbaru : Adefa Grafika

Fransisca, I., & Mintohari. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Ipa Dalam Materi Tata Surya Kelas Vi Sd. J-PGSD, 6(11), 1916–1927.

Indriyani, & Putra, F. G. (2018). Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Materi Program Linier Metode Simpleks. Jurnal Matematika, 1(3), 353–362.

Jalinus, Nirwadi & Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Kemendikbud. (2016). Panduan Pembelajaran Matematika Dan Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jakarta

Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.

Kesumawati, N., & Aprianti. (2019). Pengaruh Model Auditory Intellectual Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Disposisi Matematis di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 10–21.

Pamungkas, S. A., Ihsanudin, Novaliyusi, & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe?: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127–135.

Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri SD Kelas V. JPGSD, 6(4), 486–495.

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. dwi. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal (TMJ), 1(1), 126–138