Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik di SMPN 2 Batang Gansal

Main Article Content

Sri Winangsih

Abstract

Untuk mengetahui sejauh mana penyerapan Kurikulum 2013 dapat di implementasikan guru-guru di dalam proses belajar mengajar maka perlu dilakukan Penelitian Tindakan Sekolah berupa Supervisi Akademik bagi guru kelas VII yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dalam proses pembelajaran. Dan hasilnya masih rendahnya guru yang mampu mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran. Melalui penelitian ini diharapkan guru-guru dapat meningkatkan motivasi serta profesionalisme guru terutama dalam pengelolaan pembelajaran (kompetensi pedagogik) pada kurikulum 2013 dapat meningkat dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan terutama pada pembelajaran Kurikulum 2013 yaitu sudah 73% kompetensi pedagogik guru meningkat dilihat dari penggunaan pendekatan pembelajaran saintifik, merancang pembelajaran dengan baik, memahami peserta didik dan memfasilitasi pembelajaran untuk mengembangkan potensi peserta didik, melaksanakan pembelajaran secara kondusif, dan mengevalusi dengan memberikan soal-soal berpikir tingkat tinggi (HOT’s).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Winangsih, S. . (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik di SMPN 2 Batang Gansal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2336–2344. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/714
Section
Articles

References

Abdul Haris. 2018. Supervisis Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional guru. Etheses uin-malang.ac.id.

Ali Mudlofir, Rusdiyah dan Efi Fatimatur. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2008. Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Profesonalis Guru. Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK Depdiknas.

Iqbal Fahri. 2018. Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Suervisi Akademik. http//www.academia.edu>PTS_Penelitian.

Jefri Rohan. 2012. Hasil Belajar Menurut Ahli. (Online)

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Pengembangan Supervisi Akademik dalam Implementasi Kurikulum 2013. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Supervisi Akademik dan Penilaian Kinerja Guru. Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah.

M. Ibrahim dan M. Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.

Moh. Fikri Bungel. 2014. Model Penerapan Pembelajaran Problem Berbasis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada Materi Prisma. Vol. 2 No. 1 Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako.

Muhammad Zainal Abidin. 2011. Hakikat Hasl Belajar Matematika. (Online).

Nana Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cet. Ke-19). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Memperngaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media