Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learnig terhadap Hasil Belajar Kelipatan dan Faktor Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar

Main Article Content

Akri Yeni Hilman
Nelly Astimar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar kelipatan dan faktor bilangan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasy eksperiment design. Desain yang digunakan The Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SDN 04 Nanggalo dan SDN 05 Nanggalo Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, yang mana populasi terdiri dari beberapa SD dalam satu Gugus 1 Koto XI Tarusan. Sehingga yang terpilih sebagai kelas sampel adalah IV SDN 05 Nanggalo sebagai kelas kontrol dan IV 04 Nanggalo sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Analisis data diambil dari hasil pretest dan posttest peserta didik. Selanjutnya dilakukan analisis data uji normalitas, homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada hasil belajar peserta didik diperoleh bahwa thitung 4,18 > t tabel 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar kelipatan dan faktor bilangan di kelas IV SDN Gugus 1 Koto XI Tarusan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hilman, A. Y. ., & Astimar, N. . (2020). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learnig terhadap Hasil Belajar Kelipatan dan Faktor Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2555–2559. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/742
Section
Articles

References

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Hadi, Susanto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan dan Implementasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara Mokhammad Riwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Yusuf, A. Muri. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang.