Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Group Investigation di Kelas V Sekolah Dasar

Main Article Content

Ninri Rahayu
Zaiyasni Zaiyasni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Group Investigation di kelas V SDN 13 Sumani, Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada perencanaan (RPP) siklus I memperoleh rata-rata 85% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Kemudian dari pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I diperoleh rata-rata 85% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 97% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Selanjutnya pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 82% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II mnejadi 97%. Pada hasil belajar siswa juga terlihat rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 78 dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 89 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahayu, N. ., & Zaiyasni, Z. (2020). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Group Investigation di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2678–2684. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/755
Section
Articles

References

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018) Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6, 55-65.

Faturrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran yang Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesinalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa E. (2014). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, N., & Eurika, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 1, 29-41.

Most read articles by the same author(s)