Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Faktor dan Kelipatan di Kelas IV SDN Gugus III Koto Tangah

Main Article Content

Zatiyah Ulfa Fadhillah
Syafri Ahmad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)  terhadap hasil belajar faktor dan kelipatan di  kelas IV SDN Gugus III Koto Tangah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian adalah nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar faktor dan kelipatan di kelas IV SDN Gugus III Koto Tangah. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t  dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 8,44 > ttabel = 1,68. Hasil belajar matematika yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol= 68 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 83,25.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fadhillah, Z. U. ., & Ahmad, S. . (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Faktor dan Kelipatan di Kelas IV SDN Gugus III Koto Tangah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2793–2801. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.775
Section
Articles of Research

References

Afriansyah, Ekasatya Arsila. 2016. Makna Realistic dalam RME dan PMRI. Jurnal STKIP PGRI Sumbar.

Ahmad, Syafri. 2015. Bermatematika, Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP 1 (1). Universitas Negeri Padang.

Dalais, Mursal. (2012). Kiat Mengajar Matematika Di Sekolah Dasar. Padang: UNP Pers.

Fauzan, A. Dick SLETTENHAAR, Tjeerd PLOMP. 2002. Teaching Mathematics In Indonesian Primary Schools Using Realistic Mathematics Education (Rme)-Approach. Jurnal Pendidikan. Belanda: Twente University.

Masniladevi. (2017). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Padang: UNP. Diambil pada 2 Januari 2020 dari http:e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tandililing, Edy. 2007. Implementasi Realistic Mathematich Education (RME). FMIPA, FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak

Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas

Wijaya, Ariadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuniawatika. 2014. Pembelajaran Matematika di SD Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan) Tahun 24, Nomor 1,Januari 2016.