Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Main Article Content

Rezi Novalia
Tin Indrawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III dimana tercatat jumlah peserta didik laki-laki sebanyak 5 orang dan peseta didik perempuan 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) perencanaan siklus I memperoleh nilai 82,95% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, b) pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan peserta didik siklus I memperoleh nilai 82,82% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, c) hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 79,73 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,96 dengan persentase ketuntasan 92,86%. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Novalia, R., & Indrawati, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2858–2867. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/783
Section
Articles

References

Abidin, Z., Nasru, Amerta, S., Erwin, V. A., Erwin, R., Chandra, et al. (2020). Pendidikan Game sebagai Upaya Belajar yang Menyenangkan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajar, Vol. 4, No. 1.

Ahmadi, L. K., & Sofan, A. (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indrawati. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 15, No.1

Kemendikbud. (2014). Materi Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, D. A. (2015). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Jurnal Widyagogik, Vol.3, No.1.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman.2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.