Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Scramble di Sekolah Dasar

Main Article Content

Fitri Halimah Siregar
Rahmatina Rahmatina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Scramble di kelas V SDN 02 Kubang Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SDN 02 Kubang Kabupaten Lima Puluh Kota dimana tercatat siswa sebanyak 12 orang. Penggunaan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari hasil siklus I memperoleh nilai 73,01 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai 82,23. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siregar, F. H. ., & Rahmatina, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Scramble di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2882–2889. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/787
Section
Articles

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif.Medan: Media Persada

Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rachmawati,S., dkk,. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran PKn Materi Pokok Demokrasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble di SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso. Jurnal Edukasi UNEJ Volume 1 Nomor 1, 10-14.

Saridewi, P.,dan Kusmariyatni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas. Journal of Education Action Research Volume 1 Nomor 3.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Most read articles by the same author(s)