Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Maulidia Annisa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Masniladevi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.804

Keywords:

Media, Android, Model 4-D, R&D

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android untuk siswa kelas V SDN 01 Benteng Pasar Atas Bukittinggi yang valid dan praktis menggunakan model pengembangan 4-D. Adapun tahapannya adalah Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun pada tahap Disseminate  tidak dilakukan karna membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang cukup lama. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan mengkaji permasalahan produk tersebut. Pembuatan media tersebut menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS6 yang dijalankan pada sistem berbasis android. Selanjutnya pengkajian media dilakukan dengan cara pemberian lembaran validasi media pembelajaran kepada validator materi dan validator media. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media pembelajaran berbasis android pada materi pecahan di kelas V SD dinyatakan valid digunakan oleh ahli materi dan ahli media dengan nilai 80 yang mana berada di rentang 61-80 dengan kategori baik, (2) Respon guru terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi pecahan di kelas V SD memperoleh kategori sangat praktis dengan nilai 91,67% dan respon dari siswa mendapat hasil rata-rata 89,4 dengan kategori sangat praktis.

References

Apriyanto, M., Tohimin, Hilmi, Rivan, Rivan. (2019). Media Pembelajaran Matematika (Mobile Learning) Berbasis Android. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika. 116-123.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI, Jurnal Media Infotama. 14(1), 1-16.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 82.

Ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, Reno Warni. (2016). Tahap Design Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konstruktivisme pada Perkuliahan Aljabar Linier Elementer di Program Studi Pendidikan Matematika UMMY Solok. THEOREMS. 1(1), 31.

Riduwan dan Sunarto. (2015). Pengantar Statistika Untuk Penelitian:Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, Dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Wina. (2014). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Downloads

Published

10-11-2020

How to Cite

Maulidia Annisa, & Masniladevi. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3018–3025. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.804

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check