Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Utari Wiranda
Masniladevi Masniladevi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis android pada materi pecahan terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental, desain yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis android pada materi pecahan terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 01 Benteng Pasar Atas Bukittinggi. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-Tailed) yaitu 0,000 dinyatakan lebih kecil dari 0,05, dilambangkan dengan 0,000 < 0,05. Sedangkan thitung 24,791 dan t tabel adalah 1,69 sehingga didapatkan thitung > ttabel dimana 24,791 > 1,69. Hasil belajar matematika yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol = 76,89  dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 79,56. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima, yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis android pada materi pecahan terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 01 Benteng Pasar Atas Bukittinggi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wiranda, U. ., & Masniladevi, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3045–3051. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/808
Section
Articles

References

Aminah, S., & Masniladevi, M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Terhadap Berpikir Kritis Siswa Di Kelas IV SD Al-Azhar Bukittinggi. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 7(11).

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fariansyah, Akbar Himawan dan Laila Septiana. (2019). Animasi Pembelajaran Bangun Ruang untuk Sekolah Dasar Kelas IV Berbasis Android. Jurnal Akbar Juaral. Vol4(2), hlm 74-82.

Istiawan, Nurcholis. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Myologi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PJKR pada Mata Kuliah Anatomi. Jurnal Pendidikan. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.Vol 2(1), hlm 14-19.

Komariah, Siti, Huri Suhendri, dan Arif Rahman Hakim. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika..Vol 4(1) ,hlm 43-52.

Muyaroah, Siti dan Mega Fajartia. (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Android dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi.Jurnal UNNES. Vol 6 (2). hlm 79-83

Oneika, S. E., & Masniladevi. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CS3 Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Geometris Siswa SDN 01 Benteng Pasar Atas Bukittinggi. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol.7(11).

Salirawati, Das. (2018). Smart Teaching Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Bumi Asara.