Perbedaan Motivasi Belajar Anak yang Menggunakan Puzzle dengan yang Tidak Menggunakan Puzzle

Main Article Content

Nisa Fitriani
Prima Aulia

Abstract

 


Penelitian ini dikembangkan berdasarkan pada pentingnya motivasi belajar pada anak usia dini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar anak usia dini dengan menggunakan permainan puzzle. Motivasi belajar anak usia dinimerupakan peran penting dalam mencapai keberhasilan. Peran ini dilihat dari keaktifan anak, rasa keingintahuan anak terhadap sesuatu yang diberikan sehingga anak memfokuskan diri untuk memperhatikan dan anak mampu menemukan apa yang ingin diketahuinya. Motivasi belajar anak dapat meningkat salah satunya dengan permainan puzzle. Permainan puzzle merupakan permainan yang sangat menarik untuk menambah minat anak dalam belajar, karena permainan puzzle memiliki warna yang menarik serta bentuk yang menarik untuk dimainkan oleh anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional.Populasi penelitian ini adalah anak TK Surya Kids Bukittinggi dengan sampel berjumlah 29 orang anak. Penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar yang terdiri dari aspek menurut Purwanto.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriani, N. ., & Aulia, P. . (2020). Perbedaan Motivasi Belajar Anak yang Menggunakan Puzzle dengan yang Tidak Menggunakan Puzzle . Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3064–3070. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/811
Section
Articles

References

Arifuddin, Ahmad. Maufur, Syibli. Farida. 2018. Pengaruh Penerapan Alat PeragaPuzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sd/MI. Vol.2 No.1. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar

Aulina, C.N. 2018.Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Vol. 2 No. 1.

Choiriyah, Yuli. A.S.D. 2018.Hubungan Media Pembelajaran Puzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di RA Miftahul Ulum Wonorejo Pasuruan.

Damayanti, Kusuma. A. 2016. Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar ditinjau dari Dukungan Orangtua dan Motivasi Belajar.Vol. 20 No. 1

Fadhli, Aulia. 2010. Koleksi Permainans Seru & Kreatif untuk Meningkatkan IQ dan ESQ Anak. Yogyakarta: Pustaka Marwa.

Fadlillah. 2014. Edetaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta :Prenamedia Group

Jamil, Sya’ban. 2012. 56 Permainans untuk Keluarga. Jakarta: Republika Penerbit

Kiswoyowati, Amin. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa terhadap Kecakapan Hidup Siswa.

Lestari, Indah & Prima Elizabeth. 2016. Implementasi Permainan Anak Tradisional dalam Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia DIni. Vol. 6 No. 1.Jurnal Santiaji Pendidikan.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Prenada Media Group

Meriyati.2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar Deteksi Dini Tumbuh Kembang AUD. Vol. 9 No. 1.Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI.

Nisa’, Faridatun & Suhermanto, Farid.2014. Pengaruh Pemberian Motivasi terhadap Prestasi Belajar AUD dalam Education Golden Garden for Children.Vol. 1 No. 2.Jurnal PGPAUD Trunojoyo.

Nurlilawaty.Mifayetti. Yus, Annita. 2018. Pengaruh Bermain Puzzle Berbasis ICT terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Vol. 8 No. 3.Jurnal Tematik.

Permata, Dwi Rista. 2020. Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran.

Pratiwi, Vita. Suharno.Rintayati.2015. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menghafal melalui Permainan Puzzle Kata pada Kelompok B TK Pertiwi 03 Kaling Tasikmadu Tahun Ajaran 2014/2015.

Purwanto, Ngalim. 2009. Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rodaskarya.

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar.depok: Rajawali Pers

Sudarna. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini Bekarakter. Yogyakarta : Genius Puliser.

Sujiono, Yuliani. N. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : Indeks

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.Vol. 3 No. 1.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang : UNP Press.

Susanti, Dwi. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar anak TK. Vol. IV No. 2. Jurnal Pendidikan Anak.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Bumi Aksara.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Bintang Pustaka Abadi.

Yusuf, M. A. (2007). Metodologi penelitian. Padang: UNP press.