Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Jorong Taratak VIII Kabupaten Tanah Datar

Main Article Content

Fitriani Anzida
Solfema

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya penggunaan smartphone pada anak usia dini. Penggunaan smartphone yang tidak dikontrol baik dari segi waktu dan konten yang dimainkan anak usia dini. Kebebasan penggunaan smartphone yang diberikan orang tua yang menyebabkan kurang berkembangnya perkembangan sosial anak pada kehidupan sehari-harinya. Karena anak lebih asik bermain smartphone dan akan menimbulkan sikap anti sosial pada anak dan tidak memperdulikan orang-orang disekitarnya. Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional, dengan tujuan melihat hubungan antara variabel (X) penggunaan smartphone dengan variabel (Y) perkembangan sosial anak usia dini. Pengumpulan datanya menggunakan kuesioner atau angket yang kemudian dianalisis menggunakan rumus presentase dan product momen. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya hubungan signifikan antara Penggunaan Smartphone denganPerkembangan Sosial Anak Usia Dini di Jorong Taratak VIII Kabupaten Tanah Datar. Karena didapatkan hasil rhitung -0,642 lebih besar dari rtabel (rhitung > rtabel) baik yang berada pada kepercayaan 95%(0,034) maupun 99% (0,442). Artinya apabila rtabel lebih besar dari rhitung maka Ho ditolak dan H1 diterima Oleh karenanya, semakin sering anak usia dini bermain smartphone maka perkembangan sosialnya akan kurang berkembang dengan baik dan sebaliknya semakin jarang anak usia dini bermain smartphone maka perkembangan sosial anak usia dini bisa berkembang dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriani Anzida, & Solfema. (2020). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Jorong Taratak VIII Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3229–3241. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/836
Section
Articles

References

Ahmadi, A. (2010). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Anjana, R. (2013). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Pembelia Iphone pada Mahasiswa Komunikasi Pemasaran Universitas bina Nusantara. Universitas Bina Nusantara.

Barakati, D. P. (2013). Dampak Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Persepsi Mahasiswa). Universitas Sam Ratulangi.

Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian & Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gunawan, M. A. A. (2017). Hubungan Durasi Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TkK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik. Universitas Diponegoro.

Hurlock, E. B. (2000). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Ismaniar, I. (2020). Model Pengembangan Membaca Awal Anak: Berbasis Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan Keluarga. Padang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.

Iswidharmanjaya, D. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orang Tua untuk Memahami Faktor-Faktor Penyebab Anak Kecanduann Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.

Kim & Park. (2013). Effect of Various Characteristicof Sosial Commerce (S-Commerce) on Consumers Trust and oTrust Performance. Interntional Journal of Information Management, 33, 318–332.

Novan, A. W. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Rahayu, S. (2017). Pengaruh Pengguaan smartphone terhadap Pemenuhan Informassi Mahasiswa Proi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Angkatan 2015. Universitas Islam Neger Ar-Raniry.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Sumarmi, M., & Sulistiyono, S. (2015). Pendidikan Etika Untuk Anak Jalanan Di Kota Madiun. Jurnal Pendidikan, 16(1), 29–46. https://doi.org/10.33830/jp.v16i1.301.2015

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widiawati & Sugiman. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Wulandari, P. Y. (2016). Anak Asuhan Gadget.

Yusuf, S. (2007). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.