Penerapan Pendekatan Taktis Guna Meningkatkan Kemampuan Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Siak Hulu

Authors

  • Yayuk Sri Andayani Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu, Kampar, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.860

Keywords:

Taktis, Bola Basket

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagimanakah meningkatkan ketrampilan permainan Bola Basket dengan menerapkan pendekatan taktis ? (b) Bagaimana pengaruh pendekatan taktis terhadap permainan Bola Basket? Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui peningkatan ketrampilan permainan Bola Basket dengan menerapkan pendekatan taktis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan. Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas XI dari data diperoleh berupa hasil tes praktik, lembar observasi kegiatan beolajar mengajar. Dari hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatakan dari siklus I (61%), siklus II (72%) dan siklus III (94%). Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan taktis dapat berpengaruh terhadap kemampuan Bermain Bola Basket pada siswa Kelas XI, serta model pembejalaran dapat digunakan sebagai salah satu alternative penjas.

References

Abduljabar, Bambang. 2010. Landasan Ilmiah Pendidikan Intelektual dalam Pendidikan jasmani. Bandung: Rizqi Press.

Ahmadi, Nuril. 2007. Permainan Bola Basket. Solo: Era Intermedia.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono.(2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. (2010). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Harsono (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikoligis dalam Coaching. Jakarta: C.V. Tambak Kusuma.

Henry Clay Lingden. (1976). Education Psychology in The Classroom. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hoedaya, Danu. (2001) Pendekatan Taktis Dalam Pembelajaran Bola Basket. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas.

Hurlock, Elizabeth B. (1991). Developmental Psychology. Erlangga.

Downloads

Published

24-11-2020

How to Cite

Sri Andayani, Y. . (2020). Penerapan Pendekatan Taktis Guna Meningkatkan Kemampuan Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Siak Hulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3432–3441. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.860

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check