Pengaruh Penggunaan Media Sparkol Videoscribe terhadap Hasil Belajar Materi Faktor Dan Kelipatan Bilangan Kelas IV SDN Gugus IV Surantih
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.861Keywords:
Media Sparkol Videoscribe, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Sparkol Videoscribe terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan menggunakan Non-equevalent Posttest only Control Group Design.Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Terpilih dua kelas sampel yang masing-masing akan dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran yang dibandingkan adalah pembelajaran dengan menggunakan media Sparkol Videoscribe dengan pembelajaran menggunakan media yang ada di buku saja. Teknik pengumpulan data adalah dengan instrumen tes.. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan uji-t. Didapatkan hasil t hitung= 3,25 dan t tabel = 1,692. Sehingga t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media sparkol videoscribe terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN Gugus IV Surantih.
References
Febliza, Asyti & Afdal Zul. 2015. Media pembelajaran dan teknologi informasi dan komunikasi. Pekanbaru : Adefa Grafika
Fransisca, I., & Mintohari. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Ipa Dalam Materi Tata Surya Kelas Vi Sd. J-PGSD, 6(11), 1916–1927.
Indriyani, & Putra, F. G. (2018). Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Materi Program Linier Metode Simpleks. Jurnal Matematika, 1(3), 353–362.
Jalinus, Nirwadi & Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Kemendikbud. (2016). Panduan Pembelajaran Matematika Dan Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jakarta
Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.
Kesumawati, N., & Aprianti. (2019). Pengaruh Model Auditory Intellectual Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Disposisi Matematis di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 10–21.
Pamungkas, S. A., Ihsanudin, Novaliyusi, & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe?: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127–135.
Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri SD Kelas V. JPGSD, 6(4), 486–495.
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. dwi. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal (TMJ), 1(1), 126–138
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Mutia Rahayu, Masniladevi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).