Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian Kelas melalui Supervisi Klinis Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMAN 4 Tanah Putih

Main Article Content

Fajar Hariadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan guru dalam mengembangkan instrument penilaian kelas melalui supervisi klinis pada mata pelajaran B. Inggris di SMAN 4 Tanah Putih Subyek penelitian ini adalah guru-guru Bahasa Inggris di SMAN 4 Tanah Putih. Objek penelitianya adalah instrument penilaian kelas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris dalam menyusun instrumen penilaian kurang sesuai dengan indikator yang ada pada RPP yang disusun oleh guru tersebut. Setelah diadakan  pelatihan dan dilaksanakan supervisiklinis pada siklus I para guru dalam menyusun instrumen penilaian kelas sesuai dengan indikatornya dan dibuat kisi-kisinya. Pada siklus II, menunjukan kompetensi guru dalam menyusun instrumen penilaian, kinerja guru dan skor supervise klinis para guru jika dibandingkan dengan siklus I rata-ratanya meningkat secara signifikan. Untuk guru Nuraini, S.Pd. meningkat 12,60% yaitu dari 65,7 menjadi 74. Sedangkan guru Iftah Hayati, S.Pd. meningkat 12,06% yaitu dari 66,3 menjadi 74,3. Penyusunan instrument penilaian kelas diharapkan selalu ada pembimbingan dari instruktur, kepala sekolah dan pengawas sekolah secara berkesinambungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hariadi, F. . (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian Kelas melalui Supervisi Klinis Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMAN 4 Tanah Putih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3457–3465. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/886
Section
Articles

References

Fattah.2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung:Pustaka Bani Quraisy.

Hasibuan, Malayu S.P.H. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi. Jakarta:Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina.2009. Pembelajaran dalam Impelementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.

Sergiovanni, T.J. 1982. Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogjakarta: STIE YKPN.

Sullivan, S. & Glanz, J. 2005. Supervision that Improving Teaching Strategies and Techniques. Thousand Oaks, California: Corwin Press.